Minggu, 09 Juni 2013

apa pengertian dari manajemen waktu? perlukah bagi mahasiswa?

apa pengertian dari manajemen waktu?
betapa seringnya kita mendengar pepatah yang mengatakan  "waktu adalah uang"  tapi sebenarnya berapa banyak di antara kita yang benar-benar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya? sebenarnya,jika anda ingin mengatur kehidupan anda dan membuatnya menyenagkan, sebagai permulaan yang anda butuhkan adalah mengatur waktu anda.



pernahkah kita di kejar-kejar waktu,mislnya saja deadline pengumpulan tugas,atau sedang ujian saat kuliah dan waktunya kurang cukup? ataukah kita sedang mengerjakan suatu projek yang waktunya sangat mepet? pasti kita semua pernah mengalami hal itu,misalnya saja kita terbiasa memakai agenda,sudah tertulis pada hari senin kita harus mengerjakan sesuatu dan harus selesai pada sore harinya ternyata kita sering lelet untuk mencapai target tersebut. kurang disiplin,kurang motivasi,dan kurang gigih untuk mencapainya.

sebetulnya hal-hal begitulah penyebab pemicu kegalgalan untuk mencapai target-target tersebut. seringnya kita menganggap remeh suatu persoalan atau menunda nunda pekerjaan tersebut. sampai kita terlena hingga pada akhirnya pada waktu yang di tentukan kita selalu mengerjakan dengan terburu-buru dan hasilnya pasti menjadi tidak maksimal. melalui manajemen waktu kita harus dapat mengatur segalam macam hal yang akan kita laukan dan belajar berencana jangka pendek maupun jangka panjang.

bagaimana waktu bersantai di perlukan oleh seorang mahasiswa selain waktu untuk belajar. sebagian waktu untuk bersantai itu di perlukan untuk mengembalikan semua energi yang terpakai untuk belajar dan bekerja.baik belajar dan bekerja membutuhkan energi yang tidak sedikit,terutama untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. energi yang terpakai untuk berkonsentrasi ini harus di ganti. jika tidak maka sangat mungkin sekali seseorang mengalami perasaan tertekan atau stres.

berikut adalah beberapa aturan sederhana yang dapat di ikuti untuk memanajemen waktu yang baik bagi mahasiswa:
  1. lakukan survey waktu pribadi : untuk mulai mengatur waktu anda harus tau pasti bagaimana anda menggunakan waktu, survey waktu akan membantu anda untuk memperkirakan berapa banyak waktu yang telah di habiskan dalam aktivitas tertentu.
  2. Perhatikan jadwal harian :ada beragam waktu yang sesuai dengan kepribadian anda. begitu anda memutuskan satu gaya tertentu, langkah berikut adalah cara membentuknya. yang paling bisa dan baik sisakan waktu sedikit untuk istirahat. sedangkan setengah jam lainya untuk jadwal yang benar-benar padat.
  3. jangan menjadi perfeksionis :berusaha untuk menjadi sempurna untuk menghadapi kekalahan.tidak ada orang yang sempurna,anda butuh tujuan yang dapat di capai dengan kemampuan yang ada. tugas-tugas sulit biasanya berakhir pada penolakan dan penundaan.
  4. belajar berkata tidak :misalnya teman dekat anda mengajak jalan-jalan sebenarnya anda tidak tertarik, tetapi anda tidak sampai hati mengecewakan orang.berkata tidak dengan sopan selayaknya.
  5. belajar menentukan prioritas : sangat penting mengutamakan prioritas sebagai tanggung jawab dan kesepakatan yang telah di capai. orang yang tidak tahu bagaimana melakukan prioritas menjadi orang-orang yang gemar menunda nunda pekerjaan.
  6. gabungkan sejumlah aktivitas : bila memungkinkan gabungkan sejumlah aktivitas dalam satu waktu, ketika dalam perjalanan, baca catatan-catatan penting berusaha agar selalu kreatif.
  7. adaptasi diri :setelah penjadwalan sukses di lakukan, maka tinggal anda berusaha keras untuk menyesuaikan diri. namun yang paling penting adalah bagaimana agar upaya ini dapat berhasil untuk anda. 
semoga sedikit informasi tentang apa pengertian dari manajemen waktu? perlukah bagi mahasiswa dapat bermanfaat untuk anda.

sumber panduan minat bakat ibi darmajaya bandar lampung

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar