sangat perlu, karna ada beberapa aspek positif dalam konflik secara umum
Aspek positif dalam konflik:
- membantu setiap orang untuk saling memahami tentang perbedaan perbedaan pekerjaan dan tanggung jawab mereka.
- memberikan saluran baru untuk komunikasi
- menumbuhkan semangat baru pada staf
- memberikan kesempatan untuk menyalurkan emosi
- menghasilkan distribusi sumber tenaga yang lebih merata dalam organisasi
Penyebab-penyebab konflik :
- batasan pekerjaan yang tidak jelas
- hambatan komunikasi
- tekanan waktu
- standar, peraturan dan kebijakan yang tidak masuk akal
- pertikaian antar pribadi
- perbedaan stataus
- harapan yang tidak terwujud
Pengelolaan konflik
konflik dapat di cegah atau di kelola dengan:
- DISIPLIN : mempertahankan disiplin dapat di gunakan untuk mengelola dan mencegah konflik
- KOMUNIKASI : suatu komunikasi yang baik akan menciptakan lingkungan yang terapetik dan kondusif. adalah dengan menerapkan komunikasi yang efektif dalam kegiatan sehari-hari.
- MENDENGARKAN SECARA ACAK : mendengarkan secara aktif merupakan hal penting untuk mengelola konflik,untuk memastikan bahwa penerimaan para manajemen perawat telah memiliki pemahaman yang benar,mereka dapat merumuskan kembali permasalahan para pegawai sebagai tanda bahwa mereka telah mendengarkan.
pendekatan dalam resolusi konflik tergantung pada:
- konflik itu sendiri
- karakteristik orang-orang yang terlibat di dalamnya
- keahlian individu yang terlibat dalam penyelesaian konflik
- pentingnya isu yang menimbulkan konflik
- ketersediaan waktu dan tenaga
sumber : panduan minat bakat ibi darmajaya bandar lampung
Bagus ni artikelnya tentang konflik manajemen |
BalasHapusTerimakasih sudah berbagi ilmu yang berkaitan dengan konflik manajemen | salam kenal dan sukses selalu