Senin, 10 Juni 2013

Apa pengertian manajemen konflik? perlukah bagi mahasiswa?

Apa pengertian manajemen konflik? perlukah bagi mahasiswa? manajemen konflik adalah situasi yang terjadi ketika ada pendapat-pendapat atau perbedaan cara pandang beberapa orang,kelompok atau organisasi. sikap saling mempertahankan sekurang-kurangnya di antara dua kelompok yang memiliki tujuan dan panjangan berbeda, dalam upaya mencapai satu sehingga berbeda dalam posisi oposisi,bukan kerjasama. perlukah itu bagi mahasiswa?
sangat perlu, karna ada beberapa aspek positif dalam konflik secara umum




Aspek positif dalam konflik:
  • membantu setiap orang untuk saling memahami tentang perbedaan perbedaan pekerjaan dan tanggung jawab mereka.
  • memberikan saluran baru untuk komunikasi
  • menumbuhkan semangat baru pada staf
  • memberikan kesempatan untuk menyalurkan emosi
  • menghasilkan distribusi sumber tenaga yang lebih merata dalam organisasi
apabila konflik mengarah pada kondisi destruktif, maka hal ini dapat berdampak pada penurunan efektifitas dalam organisasi baik secara perorangan maupun kelompok, berupa penolakan,resistensi terhadap perubahan,apatis,acuh tak acuh bahkan mungkin muncul luapan emosi destruktif,berupa demonstrasi.

Penyebab-penyebab konflik :
  • batasan pekerjaan yang tidak jelas
  • hambatan komunikasi
  • tekanan waktu
  • standar, peraturan dan kebijakan yang tidak masuk akal
  • pertikaian antar pribadi
  • perbedaan stataus
  • harapan yang tidak terwujud

Pengelolaan konflik 
konflik dapat di cegah atau di kelola dengan:
  • DISIPLIN : mempertahankan disiplin dapat di gunakan untuk mengelola dan mencegah konflik
  • KOMUNIKASI : suatu komunikasi yang baik akan menciptakan lingkungan yang terapetik dan kondusif. adalah dengan menerapkan komunikasi yang efektif dalam kegiatan sehari-hari.
  • MENDENGARKAN SECARA ACAK : mendengarkan secara aktif merupakan hal penting untuk mengelola konflik,untuk memastikan bahwa penerimaan para  manajemen perawat telah memiliki pemahaman yang benar,mereka dapat merumuskan kembali permasalahan para pegawai sebagai tanda bahwa mereka telah mendengarkan.
Teknik atau keahlian untuk mengelola konflik
pendekatan dalam resolusi konflik tergantung pada:
  • konflik itu sendiri
  • karakteristik orang-orang yang terlibat di dalamnya
  • keahlian individu yang terlibat dalam penyelesaian konflik
  • pentingnya isu yang menimbulkan konflik
  • ketersediaan waktu dan tenaga
itulah sedikit informasi tentang Apa pengertian manajemen konflik, perlukah bagi mahasiswa.

sumber : panduan minat bakat ibi darmajaya bandar lampung

1 komentar :

  1. Bagus ni artikelnya tentang konflik manajemen |
    Terimakasih sudah berbagi ilmu yang berkaitan dengan konflik manajemen | salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus