Senin, 10 Juni 2013

Pengertian manajemen team work/kerjasama

Pengertian manajemen teamwork/kerjasama, team work berasal dari bahasa asing teridiri dari dua kata team dan work. team adalah sekumpulan orang yang terdiri atas dua,lima hingga sepuluh. work berarti kerja atau kegiatan yang di jalankan setiap individu yang telah terpenuhi syarat kesepahaman di dalam team itu sendiri.
pepatah mengatakan "ringan sama-sama di  jinjing dan berat sama-sama di pikul adalah mereflesikan tentang team work yang solid.semaikn beban akan semaikn ringan hasil yang di capai akan semakin optimal. peranan team work sangat besar kontribusinya bagi tercapainya target /goal dari suatu organisasi. dalam suatu organisasi tanpa adanya team work yang tangguh ,selain terbuka peluang enuju kegagalan hasilnya pun tidak akan sesuai dengan apa yang di harapkan. "great achievement is usually born of great sacrifice and never the result of selfishness" untuk membangun team work yang tangguh maka:
  1. VISI DAN MISI, semua orang yang terlibat dalam team work harus benar-benar memahami dan mengerti dengan baik visi dan misi organisasi.
  2. SALING PERCAYA, siapapun yang terlibat dalam suatu team work harus mau membuka diri /transparan. yang namanya rahasia,sedini mungkin di sirnakan.
  3. KESATUAN,selalu tekankan dalam team work bahwa kita adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.ibarat sapu lidi, jika bersatu akan memberikan manfaat tetapi jika di pisahkan, manfaat akan sirna.
  4. SALING MENGHORMATI,di karnakan team work adalah satu kesatuan yang tidak terpisah maka setiap orang yang berbeda dalam team work memiliki fungsi memiliki peranan yang penting.
  5. POSITIVE THINKING,ini adalah salah satu hal yang fundamental yang harus di miliki oleh team work, yang menilai baik atau tidaknya diri seseorang adalah di dasarkan oleh apa yang di kontribusikan dan buka semata-mata hanya oleh penampilan luar.
  6. KERJASAMA, karena ini adalah untuk kepentingan bersama maka sudah seyogyanya bentuk dari kerja sama yang di berikan adalah kerja sama yang tulus ikhlas.
  7. RELA BERKORBAN, makna dari rela berkorban adalah selain korban dalam bentuk materi tapi juga waktu dan perasaan.
dengan dimilikinya team work yang tangguh maka apapun yang telah di rencanakan akan semain mudah di realisasikan. "there are ways to get something done: do it yourself,employ someone,or forbid your children to do it".

itulah sedikit informasi tentang  Pengertian manajemen team work/kerjasama semoga dapat bermanfaat.

1 komentar :