Senin, 10 Juni 2013

Pengertian kepemimpinan dan ciri-ciri pemimpin yang ideal

Pengertian kepemimpinan dan ciri-ciri pemimpin yang ideal. Pemimpin/leadership/kepemimpinan merupakan suatu kesatuan kata yang tidak bisa di pisahkan secara struktural maupun fungsional. Banyak muncul pengertian-pengertian mengenai pemimpin dan kepemimpinan antara lain :


  • Pemimpin adalah figur sentral yang menyatukan kelompok (1942)Kepemimpinan adalah keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol gejala-gejala sosial.
  •  Brown (1936) berpendapat bahwa pemimpin tidak bisa di pisahkan dari kelompok, akan tetapi boleh di pandang sebagai suatu posisi dengan potensi tinggi di lapangan.dalam hal yang sama krech dan crutchfield memandang bahwa dengan kebaikan dari posisinya yang khusus dalam kelompok ia berperan sebagai agen primer untuk penentuan struktur kelompok,suasana kelompok,tujuan kelompok,ideologi kelompok dan aktivitas kelompok.
  • Kepimimpinan sebagai suatu kesatuan menghandel orang lain untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan friksi sedikit mungkin dan kerja sama yang besar,kepemimpinan merupakan kekuatan/semangat moral yang kreatif dan terarah.
  • Pemimpin adalah individu yang memiliki program atau rencana dan bersama anggota kelompok bergerak untuk mencapai tujuan dengan cara yang pasti.

Membangun kepemimpinan diri :

•    Orang besar berfikir besar dan memiliki resiko besar,sementara orang kecil berfikir kecil memiliki resiko kecil. Di perlukan BIG THINK
•    Orang besar melakukan hal-hal besar dan berdampak besar sementara orang-orang kecil melakukan hal kecil dan berdampak kecil. Bekerja dengan IMPACT
•    Orang-orang berfikiran jauh kedepan, sementara orang-orang kecil berfikir jangka atau kepuasan sesaat. Di perlukan VISI
•    Para pahlawan melakukan pekerjaan yang tidak di kerjakan oleh orang lain pada masanya. Di perlukan sifat KEUNIKAN
•    PEMIMPIN memiliki BIG THINK,dan bekerja dengan IMPACT dan UNIK


Ciri-ciri pemimpin yang ideal:


•    Pengetahuan umum yang luas,semaikn tinggi kedudukan seseorang dalam hierarki kepemimpinan organisasi,ia semakin di tuntut untuk mampu berfikir dan bertindak secara generalis.
•    Kemampuan bertumbuh dan berkembang
•    Sikap yang inkuinsif atau rasa ingin tahu, merupakan suatu sikap yang mencerminkan dua hal : tidak mersa puas kedua :kemauan dan keinginan untuk mencari hal baru
•    Daya ingat yang kuat, pemimpin harus mempunyai intelektual yang berada di atas kemauan rata-rata orang yang di pimpinya.
•    Ketrampilan berkomunikasi secara efektif,fungsi komunikasi organisasi antara lain: fungsi motivasi,fungsi ekspresi emosi,fungsi penyampaian informasi,dan fungsi pengawasan.
•    Ketrampilan mendidik
•    Pragmatisme,sikap pragmatis biasanya terwujud dalam bentuk sebagai berikut: pertama,kemampuan menentukan tujuan dan sasaran yang realistik tanpa melupakan idealisme. Kedua:menerima kenyataan apabila dalam hidup tidak bisa meraih hasil yang di harapkan.
•    Kemampuan menentukan prioritas
•    Kemampuan menentukan hal yang urgent atau yang penting.

Semoga informasi tentang Pengertian kepemimpinan dan ciri-ciri pemimpin yang ideal dapat bermanfaat untuk anda.

sumber panduan minat bakat ibi darmajaya bandar lampung

1 komentar :